Sunday, February 24, 2008

Bingung juga yach,..

Katanya mesti kerja keras. Jadi minggu-minggu terakhir ini aku sedang disibukkan dengan aktifitas bagaimana menaikkan omzet percetakan. Niat pengen jual rumah sampe hari ini belum kesampaian. Udah macem-macem broker yang dipake, udah cape ngomong kesana-sini, udah jawab telfon yang ternyata cuma tanya doang, tuh rumah sampai hari ini dan detik ini masih belum laku juga. Hhhh...Cape juga. Terakhir kita putuskan bahwa tu rumah mesti disekolahin dulu di bank. Maksudnya,...sertifikatnya diagunkan dulu di Bank sehingga kita dapat pinjaman yang nantinya bisa digunakan untuk modal kerja. Ide yang sangat cemerlang untuk ingerosalina. Yeah...!( Ini tanda tanda orang stress, ngomongnya udah mulai ngaco, tata bahasa nggak karuan, mandi jarang..eh..nggak ding, kalo mandi aku tetep rajin. Bahkan sampe 3x sehari, berharap warna kulit bisa agak memudar dikit. Hehehe..Udah ah,..serius dikit napa? )
Jadilah minggu ini jadi sering meng-copy sertifikat dll terus bolak-balik ke Bank nemuin bagian kredit. Kemaren juga abis di interview lagi ama AO-nya. Dasar akunya tukang ngobrol, jadilah urusan pekerjaaan orang itu sekalian sarana ngobrol ngarol ngidul. Ditemani suguhan minuman dan camilan, kunjungan yang normalnya setengah jam menjadi hampir 2 jam. Biar kapok tu orang. Pulang ke kantornya pasti diomelin ama atasan. Sukurin loe!
Mudah-mudahan 2 minggu lagi permohonan disetujui dan dananya segera cair. Nasib...nasib...Kenapa aku jadi si ratu kredit gini ya?..Tapi nggak papalah. Mumpung masih muda, hidup agak di "push" dikit. Siapa tau kalo ntar aku berhasil pengalaman hidupku akan jadi referensi untuk orang lain, atau kalo pun nantinya aku berhasil pengalaman hidupku bisa dijadiin biografi, atau...kalo aku berhasil juga aku bisa ngajarin orang-orang yang baru mulai. (nggak mau nulis kemungkinan terburuknya. Amit-amit..Mending nulis yang indah-indah aja. kikikik...)
Kemaren sore nih ada kasus. Ceritanya begini: Bapak A selalu mengerjakan pekerjaan bubutnya di bengkel ipaabong. Biasanya dia yang berbelanja semua bahan-bahan yang diperlukan sehingga ipaabong hanya bertugas untuk mengerjakan pekerjaan itu yang nanti dibayarkan uang jasa pengerjaannya. Jadi cukup jelaskan? Ipaabong tidak modal apa-apa. Cuma ngelas, ngebubut, dll lalu dibayar sekian. Ok? Bagian ini cukup jelas kan?
Lalu kemaren sore si Bapak A ini tidak ada uang untuk belanja bahan maka dia ingin meminjam uang dulu dari ipaabong senilai katakanlah 2 jt. Tapi nanti, 2 minggu kemudian, pada saat melunasi dia akan membayar senilai 2,5 jt sebagai balas jasa. Tentu ipaabong akan mendapatkan untung bersih 500 ribu. Tanpa melakukan apa-apa dan dapat 500 ribu. Hm...menggiurkan sekali...Tapi simak percakapan berikut:
Agung : "Gimana? Mo dipinjemin nggak? Ini sudah masuk kategori riba lho..
Inge : "Lho, itukan keuntungan kita. Kita sudah meminjamkan dia modal kerja. Wajar dong kalo kita mendapatkan sedikit uang lelah..."
Agung :"Uang lelah apaan? Kita nggak ngelakukan apa-apa kecuali meminjamkan uang yang akan dikembalikan berikut bunganya. Itu namanya rentenir, sayang..."
Inge :"Tapi nggak dong...ama dia kan bikin modal kerja dan dia nantinya akan dapat keuntungan. Nah keuntungan itulah yang dibagikan dengan kita. ( masih berusaha mencari pembenaran...)
Agung :" Mau beralasan 1001 macam, tetep aja itu namanya riba. Ini urusannya sama Tuhan. Dan Tuhan nggak bisa dibohongin.
Inge : (glek...) "Yaaah,...jadi nggak boleh gitu?"
Agung :"Ya terserah. Ini semua tergantung ama hati nurani masing-masing. Kalo kesempatan ini mau diambil, ya diambil. Kalo nggak, ya enggak. Gampang toooh..."
Jadi teman-temanku sekalian, alangkah beratnya untuk tetap berada di jalur yang benar. Ada kesempatan untuk mendapatkan sesuatu dengan cara yang sangat gampang tetapi jalannya tidak benar, dan ada juga kesempatan untuk mendapatkan sesuatu dengan susah payah dan selalu berusaha di jalan yang benar. Pilihannya semua ada di tangan kita masing-masing.....

No comments: