Thursday, April 1, 2010

wellcome to japan

rasanya seperti mimpi ketika kami merencanakan liburan ke jepang. sungguh tidak pernah menyangka akan bisa terealisasi secepat ini, maksudnya kami memang sejak lama memasukkan negara jepang sebagai salah satu destinasi andalan tapi sehubungan dengan mahalnya ongkos dan biaya akomodasi selama disana maka kami meletakkan diurutan bawah saja. tapi seperti pepatah bilang kalau rejeki tidak akan lari kemana. berawal dari rencana perjalanan ke macau,..setelah dihitung-hitung,..hm...kok ya agak mahal. akhirnya memutuskan untuk memilih bangkok yang lebih murah. mendadak pada hari untuk pemesanan tiket di koran kompas muncul promo tiket penerbangan murah dari garuda indonesia untuk penerbangan internasional. ketika melihat harga tiket jakarta-fukuoka yang hanya di bandrol USD 680 pulang-pergi,..pikiran langsung melayang. hm..bukankah kami punya sahabat di jepang yang sudah mengundang kami berkali-kali untuk datang kerumahnya. dan pagi hari itu menjadi pagi yang panjang karena sibuk telfon sana-sini. memang promo yang menggiurkan karena hampir semua tanggal telah terisi penuh untuk perjalanan pulang pergi-nya. jadi hanya tersisa rute one way untuk tanggal-tanggal yang kami inginkan. sedikit kecewa tapi salah seorang petugas menyarankan kami untuk mencoba ke penerbangan japan airline karena mereka juga sedang ada promo dari citibank buy one get one. sounds interesting :) dan kembali aku sibuk menghubungi beberapa biro perjalanan dan akhirnya kami memilih jalan tour yang memang merupakan perusahaan patungan antara indonesia dan jepang. dan benar adanya tentang tiket promo tersebut. jakarta - tokyo atau jakarta - fukuoka dengan harga USD 1150 buy one get one pulang pergi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit citibank. berarti hanya USD 575 per-orang,.. murah dong,... jepang gitu loh,..hohoho...
berpacu dengan waktu kami pun bergegas mengurus visa di kedutaan besar jepang. jadi masalah lagi ketika paspor kami dikeluarkan di pekanbaru yang berarti kami semestinya mengurus visa di konsulat jendral jepang yang ada di medan. what?! jadi harus mengurus ke medan dulu? no way,.berapa lagi mesti ngeluarin ongkos jakarta-medan-jakarta plus akomodasi. rasanya hampir putus asa, hingga akhirnya ada seseorang yang menyarankan untuk mutasi alamat di kantor imigrasi tangerang saja. dan ini menjadi tugasku. suamiku tahu kalau aku selalu berhasil dengan mulus berurusan dengan birokrasi seperti ini. mulai dari pln,telkom,samsat,badan pertanahan,dan akhirnya sekarang imigrasi.dan alhamdulillah ternyata semua bisa aku bereskan. dalam satu hari urusan imigrasi selesai.setelah itu dalam proses pengajuan visa, akhirnya kami disetujui; visa approved,....woo hoo,..senangnya..

tanggal 29 april kami berangkat menuju fukuoka dengan penerbangan transit di tokyo. tanggal 30 april kami sampai ke di fukuoka dan dengan menggunakan bis dari bandara kami menuju saga perfecture. dari saga city kami menuju ke morodomi, sebuah kota kecil yang sepi, yang nantinya membuat kami benar-benar jatuh hati. dari sini lah petualangan kami selama di jepang dimulai.

2 comments:

nn said...

mba ,gimana ngurus dokumen visa jepang nya dg passport pekanbaru di jakarta,kebetulan saya juga sama nih kasus nya harus ngurus di medan padahal saya kerja di jakarta.

Ingerosalina said...

mbak lili, maaf ini blognya lama terlantar, jadilah saya baru baca pertanyaan mbak lili. jadi kemaren karena kita tinggal di tangerang, punya kk tangerang, tinggal datang ke kantor imigrasi tangerang, minta mutasi. jadi nanti dihalaman belakang nanti akan dicap dan dituliskan perubahan alamat tempat tinggal sekarang. urusan nggak terlalu berbelit2 kok mbak, selamat liburan ke jepang yaaa,.. (jangan2 malah udah balik dari jepangnya ya mbak, hehehehe)